MENGOLAH NILAI DENGAN MICROSOFT EXCEL
Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membagikan kepada anda pembaca setia blog ini bagaimana cara mengolah nilai dengan Microsoft Excel.
Artikel ini cocok bagi anda yang kesulitan dalam mengolah nilai secara manual, khususnya bagi anda tenaga pengajar yang harus menghitung Nilai Akhir anak didik anda secara manual. Tentu ini menjadi masalah bagi anda apabila data siswa yang anda olah mencapai ratusan atau bahkan ribuan.
Mari kita langsung saja mulai
Siapkan lembar kerja Excel anda, berisikan data-data siswa anda beserta nilainya.
untuk contoh kasus ini kami menggunakan Nilai UAS, Nilai UTS dan Nilai Ulangan, lalu dari ketiga nilai tersebut kami akan menghitung Nilai Akhirnya dengan rumus
Nilai Akhir = 40% Nilai UAS+35% Nilai UTS+25% Nilai UAS
Atau dalam Excel lebih mudahnya seperti ini
Nuas,Nuts dan Nulangan disini dapat berisi alamat cell dari nilai tersebut.
Misalkan anda memiliki 10 data siswa seperti dibawah ini
Seperti yang anda lihat diatas, terdapat 3 nilai yang akan jadi penentu Nilai Akhir,
Mari kita hitung Nilai Akhir berdasarkan rumus yang sudah ditentukan kedalam Excel
Ketikkan rumus Excel diatas ke cell Nilai Akhir untuk siswa Budi :
Dapat anda lihat rumus diatas, Nuas,Nuts dan Nulangan kami ganti dengan alamat cell masing-masing. setelah anda selesai silahkan tekan enter, apabila rumus anda benar maka nilainya akan muncul, mudah sekali. Setelah muncul anda tidak perlu mengetikkan ulang rumus tersebut untuk siswa yang lain, cukup tarik kebawah sebanyak siswa agar nilai siswa dibawahnya otomatis keluar berdasarkan rumus siswa Budi.
Mungkin sebagian dari anda juga ingin melihat siswa mana yang LULUS dan siswa mana yang TIDAK LULUS. hal ini juga dapat anda lakukan di Microsoft Excel.
Misalkan anda memiliki aturan apabila Nilai Akhir siswa lebih dari 60, atau biasa disebut standar minimal kelulusan, maka siswa tersebut dinyatakan LULUS, sebaliknya apabila kurang dari 60 siswa tersebut TIDAK LULUS.
Operasi menentukan Lulus dan Tidak lulus di Microsoft Excel dapat menggunakan rumus IF.
Seperti yang anda perhatikan diatas, bentuknya adalah
=IF(ATURAN,"JIKA TERPENUHI","JIKA TIDAK TERPENUHI)
atau seperti ini
=IF(JIKA NILAI > 60;"KONDISI JIKA NILAI>60","KONDISI JIKA NILAI<=60")
Langsung saja kita terapkan rumus IF diatas kedalam Excel
Perhatikan tanda panah biru diatas, Microsoft Excel membantu anda untuk mengetikan rumus sesuai format yang benar. anda juga dapat melihat kami menambah satu kolom LULUS/TIDAK LULUS di alamat I9. yang menjadi penentu nilainya adalah nilai akhir(H9), sehingga apabila anda tekan ENTER dan menariknya kebawah sesuai banyaknya data Nilai Akhir akan tampak seperti dibawah ini
Mudah bukan? , jika anda mengalami kesulitan silahkan tuliskan komentar anda dibawah.
No comments:
Post a Comment