Thursday, October 13, 2016

Cara Membuat Shared Folder di Google Drive

Folder Shared Google Drive


Google menyediakan banyak produk menarik bagi penggunanya salah satunya Google Drive. Google Drive disini adalah tempat penyimpanan online yang bisa anda manfaatkan dengan gratis.
Menariknya anda dapat berbagi isi atau resource dari folder anda dengan orang lain, sehingga memudahkan transfer data tanpa media flashdisk atau yang lain.
atau bagi anda yang sedang sekolah,kuliah atau bekerja mendapat tugas kelompok atau tim dari guru,dosen atau atasan anda tapi anda tidak memiliki waktu untuk bertemu mengerjakan pekerjaan kelompok anda, anda dapat memanfaatkan fasilitas google drive untuk sharing pekerjaan anda dengan mengatur folder anda agar hanya dapat diakses oleh orang-orang dalam kelompok anda.

Yang perlu dipersiapkan sebelum memanfaatkan fasilitas google drive, anda harus memiliki akun GMAIL terlebih dahulu, lakukan pendaftaran GMAIL jika anda masih belum memilikinya.

Jika anda telah memiliki akun GMAIL, berikutnya silahkan akses drive.google.com. Anda akan diminta melakukan login menggunakan akun GMAIL anda. lakukan login dan anda akan diarahkan ke halaman drive anda tanpa melakukan pendaftaran lagi, mudah bukan.


Anda akan langsung mendapatkan FREE 15GB! jumlah yang cukup besar untuk penyimpanan online.

Langkah selanjutnya adalah anda membuat folder yang dapat dibagi dengan rekan anda.
1. Klik My Drive
2. Pilih New Folder

3. Beri nama Folder anda, contoh FOLDER TIM, lalu klik Create


4. Tunggu sebentar maka Folder yang anda buat akan tampil

5. Saat ini hanya anda yang dapat mengakses folder anda, untuk membuat Tim anda dapat mengaksesnya juga lakukan hal berikut
6. Klik Kanan folder yang baru saja anda buat lalu pilih SHARE

7. Maka akan muncul window seperti dibawah ini, lalu masukkan alamat email rekan satu tim anda, anda dapat menambahkan lebih dari satu email dengan menggunakan pemisah koma (,)



8. Klik Send, rekan satu tim anda sudah dapat melakukan akses ke folder anda, seperti yang anda perhatikan dibawah, tampilan folder akan berubah menjadi seperti dibawah ini

tampilan folder tersebut artinya folder anda sudah dapat diakses oleh rekan satu tim anda. pastikan rekan anda juga membuka google drive untuk mengaksesnya. apapun yang anda letakkan didalam folder tersebut maka tim anda dapat mengaksesnya begitupun sebaliknya apapun yang tim anda letakkan dalam folder tersebut, anda pun dapat mengaksesnya. 

Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment